Thursday, 17 March 2016

Pengalaman cacar air (chicken pox) pertama kali

Hi guys! Lamaa nggak nulis blog ini. Maafkeun yaa karena banyaak kegiatan dan lagi udah kelas 3 SMA nih. Masa masanya capek-bingung-galau nentuin universitas. Tapi di post ini aku gak akan ngeshare tentang tips tips menembus snmptn #DahAh wkwkwk
Aku bakalan ngeshare tentang cacar air. CACAR AIR. penyakit kulit yang dikeluargaku gak ada satupun yang pernah kena. Baru aku yang usianya udah 18 tahun baru kena wkwkw. Sebelumnya aku sudah dikasih wangsit dari Allah lewat mimpi. Aku kena cacar dan full sebadan sewajah. Astaghfirullah. Terus besoknya beneran kejadian-_-
Jadi simak yuuuk kisah cacarku😅 kejadian ini baru aja dari tanggal 7 maret/panas yg pertama (Ini aku buatnya setiap hari di note hp pas aku kena cacar jadi kayak diary😁 fresh from the oven ini postnya wkwk) :

Hari 1 (panas)
Jadi hari minggu malam. Tanggal 7 maret 2015 Aku bener bener menggigil. Gak bisa tidur sampe jam 2 malem padahal paginya aku ada ujian sekolah kan. Ketambahan perut bener2 sakit. Trus aku kasih minyak kayu putih dan tidur walaupun perut rasanyaa melilit. Dan aku mimpi niih! Cacar air full sebadan sampe aku kebangun dan alhamdulillah ternyata cuma mimpi #PadahalItuPertanda-_-

Paginya. Perut masih sakit dan badan gak panas sih. Cuma hangat. Naah pas ujianpun badan rasanya gaenak. Trus malemnya dikerokin ibu. Biar besoknya agak mendingan

Hari 2 (bintil yang pertama)
Besoknya pagi2 badanku agak enakan. Tapi... what? Ada bintil-bintil? Di dada ada 2.sama dibelakang leher 2. Aku pletosin satu untuk memastikan itu cacar apa nggak. Kok isinya air? Aku pletosin satu lagi. Eh iya bener! Astaghfirullah. Apalagi UN H- berapa ini. Ya Allah aku udah mau nangis rasanya. Ibu juga bingung karena sekeluarga blm pernah kena semua. Baru aku-__- dan akhirnya aku tidur tiduran karena hari ini alhamdulillah libur wkwkwk.
Sorenya aku ke dokter umum. Trus aku dicek. Karena aku gak panas badannya (cuma anget). Dokternya bilang ini cacarnya bisa ditekan karena emang kondisi badanku lagi fit. Alhamdulillah. Aku akhirnya dikasih obat acyclovir tablet sama gatau obat satu lg warna orange . 3x1 takarannya.. tapi yang paling menyebalkan adalah punggung rasanya sakit kayak encok. Istilah jawanya sih njarem. Trus didaerah leher juga membesar kelenjarnya. Dibawah telinga pokoknya.

Hari ke 3.
Aku liatin.. tambah banyak didaerah perut. Diwajah udah ada 4. Dan kepala rambut juga ada. Astagaa. Mana lagi gatelnya subhanallah duh digaruk gakboleh lagi. Bener bener deh gatel nya aku sampe nangis hari itu. Aku cuma kasih caladine lotion karena ibu belum beli acyclovir salep. Rasanya hari itu kayak cacing kepanasan. Aku tidur gatel. Sakit. Hiks hiks.

Trus akhirnya mandi deh pake air hangat+dettol cair (aku selalu rutinin mandi pake air hangat+dettol cair) Alhamdulillah enak. Mendingan. Trus ibu bawain salep zovirax aciclovir. Ummm kemasannya mini harganya mahal yaa 77rb dan kecilnya cuma se-kelingking 




Wehehe. Kecil kan? Wkwk

wkwkwkwk. Trus diolesin tipis satu-satu dibentol bentolnya. Dan aku tetep minum obat yang dikasih dokter..
Aku makan nasi kok nelennya agak sakit ya. Aku dah berprasangka buruk aku kirain cacarnya masuk mulut. Ternyata oh ternyata... aku kena sariawan sekitar 2 cm dideket tenggorokan :( gapapa deh dipaksa makan dipaksa makan ...

Hari ke 4
Bangun bangun leher sama badan bentol bentolnya tambah buanyak. Wajah juga dah mulai kena banyak. Udah deh pasrah. Bener bener pasrah.  Terus ibu nyuruh kedokter lagi yang bener-bener spesialis kulit dan kata kakak kelasku ampuh (kakak kelasku pernah kena cacar soalnya) namanya dokter Taufeequrrohman alias Dr. Taufik . Aku dicek dan dikasih obat racikan sama bedak racikan
Siangnya aku udah gak gatel gatel lagi dan bisa tidur dengan tenang. Apalagi kado adekku yang aku beli di olshop udah dateng. Yang paling mengharukan pas adekku bilang "Adek pengen meluk mbak fira tapi takut kena cacarnya" :(
Sorenya aku mandi seperti biasa. Dan cacar dihidung kecil sekecil kacang ijo kena saput bedak. Yaaah pecah. Astaghfirullah aku takut banget kalo bekas:((( apalagi cacar juga dah masuk ke area kepala. Mana gatel huhuhu. Sariawan dideket tenggorokan masih aja sakit. Untung aku ada inisiatif pake abothyl. Walaupun agak perih yaa gapapa deh penting makan nyaman lagi

Hari ke 5
Bangun bangun seperti biasa. Wajah berminyak kayak talang minyak. Karena gak dibolehin ibu pake skincare larissa dulu. Alamak muka udah deh rusak bener bener. Gak bisa bedain mana cacar mana jerawat. Sedih tiap liat kaca..
Cacar dibadan udah mulai agak keungu unguan. Dah mulai agak kering kali ya? Cacar masih gatel tapi gak gatel gatel amat kayak hari keberapa itu. Trus ya tetep rutinitas biasa mandi pake air hangat+dettol. dan tetep pake baju kudu hati-hati karena sakiiit banget kalo kena cacarnya. Dan harus ditepuk tepuk pake bedak dokter taufik. Lama lama ya enjoy juga karena berasa me time dikamar. Gak sekolah wkwkw padahal UN TINGGAL HITUNGAN HARI-_-
Oh iya saranku buat yang kena cacar siapin deh penyerap minyak clean and clear,acnes ataupun biore terserahlah apa. Biar wajah nggak buluk buluk banget.

Aku aja abis 2 lembar kertas minyak:))) dan full. Makanya jerawat dan cacar bertenggeran hihihi.

Dan pada hari keenam panas atau hari kelima pasca bintil2 udah mulai keluar. Badanku gak njarem lagi sama sekali. Dah sehat-sehat waee. Alhamdulillah.
Trus sariawan dideket amandel juga sudah sembuh karena aku sogrok sogrok pake abothyl. Biarin perih penting sembuh. Dan makan juga jadi tambah banyak hihihihi

Hari ke 6-8
Yaa mulai mengering dikit tapi. Porsi makan jadi banyak. Sudah mulai sehat dan yaa seperti biasa. Tapi belum sepenuhnya kempes hiks hiks dan warnanya masih unguu. Astagaa.

Hari ke 9
Naah aku baru aja masuk sekolah hari ini karena mau susulan Ujian Akhir Semester Kimia. Hikshiks untung dah ada bocoran soal wkwk dan ada dari dinas kesehatan ngecek BB,TB kolesterol dan sifatnya wajib, kalo enggak nanti ke SMA lain buat nyusul huhu akhirnya mau gak mau yaa ke sekolah. Dan ya seperti biasa. Disambut deh kedatanganku sama temen temen walaupun ada yang lari pas aku dateng ke sekolah. Takut ketularan katanya:)). Yasudahlah dimaafin walaupun hati juga dongkol:)))
Bekas cacar masih basah dan belum kempes kempes banget tapi mau kempes (?) Tapi tetep aku kasihin bedak sampe putih putih semua wkwk.

Hari ke 10
Dah lumayan kempes dan kering. Mulai kempes maksudnya karena udah meletus sendiri. Diarea wajah udah kering dan diarea dada juga. Udah mulai menghitam jd gak pede sekolah hihihi. Alhamdulillah juga sekeluarga nggak ada yang kena. Memang butuh waktu dan harus sabar sama penyakit ini. Inshaallah sembuh kok☺ dan aku sudah berani pake air dingin buat wudhu karena sebelumnya tayamum😂😂 dan sudah mulai bersihin wajah juga karena ada jerawat dua dipipi yang akibat-nggak-bersihin-wajah-selama-9hari .

Hari ke 11
Alhamdulillah cacar udah kering dan dibagian wajah sudah mengelupas sendiri hehe. Udah warnanya hitam hitam. Dan sudah berani gak pake jaket+masker lagi😄 

Memang butuh waktu dan harus sabar sama penyakit ini. Inshaallah sembuh kok☺

Tips tips yang lagi kena cacar
1. Tiap hari mandi 2x sehari pake air hangat dikasih dettol cair yang warna coklat. Kalo awal awal takaranku 2 tutup botol. Tapi pas sudah mulai kering jadi 1 tutup botol biar hemat wkwk
2. Minum obat teratur jangan lupa sampai habis. Karena kemaren aku habis minum acyclovir sama resep dari dokter kulit. Dan pake bedak dokter sih kalo aku biar cepet keriimg. Jangan lupa juga pake salep acyclovir biar nggak nyebar kemana mana (dikasih satu satu)
3. Senantiasa berdoa. Keajaiban doa bener bener ada. Aku demam menggigil cuma hari pertama dan selebihnya aku gak demam sama sekali walaupun badan sedikit anget sehingga cacar gak banyak. Cuma didaerah bagian badan dan punggung. Kaki cuma ada 5 biji didaerah paha dan tangan ada 6 biji dan itu jarang jarang dikulit. Di wajah ada 5 dihidung 1 dan dijidat 1. Yang 3 ada dideket rambut jadi nggak kelihatan kalo jilbaban hihi
4. Diisolasi dari orang lain yang belum kena cacar. Dan harus makan dipaksa! Biar nggak demam dan selalu fit
5. Minum air putih terus karena minum obat terus biar ginjalnya baik😄
6. Kalo bisa interaksi sama orang sudah lebih dari seminggu ya biar orang lain nggak kena cacarnya hehe
7. Kamar mandi dipisah. Baju nyucinya dipisah dan pake dettol dan sampai piring makan sendiri juga dipisah. Alasannya ya itu karena sekeluarga belum ada yang kena. Jadinya meminimalisir hehe. Alhamdulillah hingga sekarang keluarga sehat walafiat.
8. Sediain oil control biar wajah gak minyakan. Meminimalisir jerawat
9. Kalo siang siang mending rebahan dikamar sambil pake baju pendek trus diangin anginin badan biar cacarnya kering. Aku tiap hari gini biar cacarnya kering wkwkwkw.
10. Jangan kena angin (kalo kipas angin/ac pas lagi sendirian gapapa wkwk biar gak kepanasan). Dan selalu pake masker dan jaket karena penyebarannya lewat udara dan kontak langsung dengan penderita

Oh iya. Ini pap wajahku di hari ke 10 yaa. Dibagian hidung udah ngelontok duluan kena handuk hikshiks. Tips juga nih pelan pelan. Ditepuk tepuk kalo lagi cacar. Takutnya bintilnya pecah trus bikin bekas hukshuks. Dan diusahakan jangan garuk garuk badan. Cukup di usap usap saja hehe


Dikasih sticker biar fokus ke wajahnya wkwk

Dan ini perkembangan cacarku. Abaikan bulu tangannya yaa:(

Semoga bermanfaat ya. Dan get well soon bagi yang lagi kena cacar. Mohon maaf jika terlalu panjang yaa postnya biar kalian tau mendetail tentang cacar hihi maapkeun. Wassalamualaikum wr.wb ☺

26 comments:

  1. Sekarang giliran gw kena cacar... padahal baru 5 hari kerja huuuuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. sabar yaa, jangan lupa tips trick diatas biar cepet sembuh:)

      Delete
  2. Cara Mengobati Wasir - Seharus nya seseorang mengatur pola hidup yang benar agar tubuh tetap sehat dan jauh dari penyakit. namun, karena sekarang sudah banyak toko makanan yang menjual makanan yang enak dan juga instan sehingga banyak orang yang sering membeli nya, dan tidak mementingkan kandungan yang terdapat pada makanan tersebut, sehingga akan mengorbankan kesehatan nya sendiri, dan menimbulkan beberapa penyakit pada tubuh nya. salah satu penyakit yang dapat tumbuh di tubuh karena makanan yang tidak sehat dan kurang akan serat adalah penyakit wasir ambeien. Karena jika terus menerus mengkonsumsi makanan yang tidak sehat akan menimbulkan sakit sembelit. Penyakit sembelit merupakan awal gejala penyakit wasir ambeien.

    Jika Anda memiliki pertanyaan seputar penyakit kelami

    ReplyDelete
  3. Hai fira,aku baru saja mmbaca blogmu tntg cacar air. Aku kena cacar air skrg diumur 17thn. Jujur,ini menganggu. Aku sama sprtimu,terkena penyakit ini menjelang UN. Gaenak bgt,makanya aku nangis bgt krn bentar lagi un. Aku ga kedokter,aku cuman minum kesumba terate obat bugis disini. Jujurya cacar airku tuh aneh,dimana munculnya cuman dilengan kanan dan kiri serta dijari2ku dan tangan. Alhamdulillah skali ga menjalar keseluruh badan. Aku jg awalnya ga demam makanya aku bingung ini cacar atau bukan,tapi stelah timbul benjol yg berair dijariku dan ruam ditanganku aku bru cap sendiri klo itu cacar. Doaiin ya aku bisa sembuhh:"")

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo, wah. cepet sembuh yaa:( jangan lupa minum air putih, dan jangan lupa tetep belajar UN ny dan belajar buat masuk perguruan tingginya yaa. semangat!!

      Delete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. wah sama aku juga dapet mimpi duluu hahaha btw kamu cara ngilangin bekas yg di muka gimana yah? ak juga ada nih huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa samaa. eh jadi kenyataan ternyata haha. aku ngilanginnya gapake apa2 sih karena sama sekali gak aku pegang2 jadi gak berbekas sama sekali. di badanpun sudah memudar sendiri. btw cacarmu sampe mana aja nyebarnya?

      Delete
  6. wah saya telat penanganan T_T, udah 80% cacarnya nyebar baru ke dokter.... nyezeeeeeeeellllllllllllll....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah, GWS ya :( semoga ngga bekas, jangan digaruk yg penting^^

      Delete
  7. Mau tanya nih.. Cacar menyebar paling parah itu hari ke berapa, dan sampai kapan bentol itu muncul terus? Soalnya bentolku makin sering muncul.. Aku jdi takut sendiri.. :'( hiks hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya hari ke 3-4 mba, itu paling gatel gatelnya :(( gapapa mbaa penting jgn sering digaruk yah mbaa :)

      Delete
  8. ngitung hari 1 kena cacar itu dr pertama bentol muncul apa dr ngerasa badan gak enak ya?
    ini aku diserang muka, kepala sm badan, hari sabtu sadarnya ada bentol langsung ke dr. hari minggu ini udh byk aja bentolnya, dan mulai gatel
    salep nya itu dijual bebas ya? bisa buat muka juga gk?
    ya ampun 10hr lebih ya itu diisolasi, aku kerja, 😂😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo aku sih dari pertama munculnya bentol ngitungnya, penting tetep mandi pake dettol cair, untuk salep zoviraxny dijual bebas, tapi kalo bedaknya itu ga dijual bebas. bedaknya juga bisa dipake muka.. iyaa diisolasi, dan sembuh bener bener sembuhnya itu hari ke 14 sebenernya. semoga cepet sembuh ya mba :)

      Delete
  9. Aku juga baru kena cacar nih terus ada 4 benjolan 2 dileher kanan sama kiri, 2 nya lagi di belakang telinga kanan sama kiri, aku kira benjolannya tuh dari tbc kelenjar, apa si mba syafiranya juga, kayak gitu benjolannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terus kelenjarnya ilang berapa lama?

      Delete
    2. Kalo saya sih benjolannya kayak cacar biasa, cuma ada pengaruhnya jadi kelenjarnya lebih terasa gimana gitu. (bukan benjolannya, benjolannya ukurannya sama kyk lainnya) semisal kurang yakin coba ke dokter mas, biar dikasih tau gimana cara cepet ngilanginnya, semoga cepet sembuh ya :)

      Delete
    3. kalo kelenjarnya kayk berasa agak besar dan pegel2 cuma 3 harian saya mas, setelah itu biasa aja hehe

      Delete
  10. Aku baru juga kena cacar air, malah sempat rawat inap karena komplikasi dengan asam lambung. Benar kata dokter, lebih aman jika terserangnya pada anak2 dibandingkan pada usia dewasa. Salam!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa bener, malah katanya orang dewasa bekasnya susah hilang, lama sembuhnya dan ada kejadian komplikasi macem2. tapi tergantung juga dari daya tahan tubuh si penderita. terimakasih sudah mampir di blog ini :)

      Delete
  11. Terimakasih sudah bagi infonya sekarang saya lg kena cacar air baru prose keluar bintil merah ada airnya tp sebelumnya sudah 2 hari badan panas naik turun hari ke 3 kekuar bintil merah skrg abis ke dokter baru minum obat nunggu proses penyembuhan hiksss...

    ReplyDelete
    Replies
    1. minum air putih banyak mbaa biar panas turun, karna semakin panas bintilnya semakin banyak dan nyebar. semoga cepet sembuh ya mba :)

      Delete
  12. Saya umur 27thn baru sembuh Cacar, dihitung hari pertama mulai muncul cacar sampai kering itu 5 hari aja, hilangin bekas dimuka itu hampir seminggu dibantu sabun muka, bekas di badan 3 hari.

    ReplyDelete
  13. Ini malah baru kena cacar air selama 3 hari. Aku kira cuma ruam biasa. Terus kok muncul di kelopak mata, lipatan dengkul, sama dada. Masih curiga kalo ini kena herpes.
    Tapi pas hari kedua kok muncul di perut, leher, belakang telinga, sampe seluruh wajah. Itu aja masih ngira itu herpes. Eheheh

    Nah, pas hari ketiga, masak herpes benjolan ya sampe ke kulit kepala? Akhirnya aku kasih Acyclovir salep, Paracetamol (demam), sama cefadroxil

    Mandi pake sabun sulfur+air hangat, bahkan keramas pakai sabun sulfur juga. Tiap keringatan malah gatal trus kayak kelihatan nyebar luas gitu

    Aku gak ngerasa ada yg pecah, tapi entah kenapa nyebar banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara mengatasi cacar di kulit kepala gimana? Masuk sekolah harus pada hari keberapa?

      Delete