Saturday 13 October 2018

Student Exchange di Nakhonsawan, Thailand. (Part 1)

Kita tidak pernah tau, rezeki apa yang akan menghampiri kita
Allah pasti mengabulkan mimpi pada  saat yang tepat


16 September 2018.

Pada waktu itu, aku berangkat ke Thailand sebagai perwakilan dari angkatanku dalam kegiatan exchange kewirausahaan ke Mahidol University selama kurang lebih 3 minggu, ini salah satu best experience  di hidupku dan nggak bakal kulupain, jujur. kadang ngelihat temen bisa keluar negeri, rasanya dalem hati kapan ya bisa kayak gitu dan tanpa keluar uang banyak malahan gratis? dulu persepsiku keluar negeri pasti mahal dan kutak syanggup wkwk, memang doa akan diijabah sama Allah disaat yang tepat, aku dan 9 teman-temanku (5 dari Manajemen dan 5 dari Ekonomi Islam) pergi ke Thailand bareng. dan malahan Allah langsung memberiku 3 negara sekaligus yakni Malaysia, Thailand dan Singapore. walaupun transit doang sih Malaysia dan di Singapore masih sempet jalan jalan ke negaranya hehe walaupun cuma beberapa jam. Biayanya? Alhamdulillah gratis dan cuma bawa uang saku aja buat makan dan oleh-oleh. Jangan lupa kalo ke luar negeri tukerin duit rupiah kalian pake Dollar amerika dulu yaa, soalnya pengalamanku di Thailand susah ada money changer yang nerima uang Indonesia, sekalinya ada eh mahal rate tukernya.


16 September 2018, di Bandara Juanda Surabaya.



Di Malaysia, aku transit selama 4 jam. dan diwaktu itu aku langsung cari makan, dan akhirnya pilihan jatuh ke McD,  sesuai perkiraan! mirip mirip tapi agak beda (?) menunya antara McD Indonesia dan Malaysia, dan karena ada tulisan nasi, akhirnya saya pesen nasi ayam sama sejenis fruit tea kisaran harganya 25 ringgit, rasanya enaaak walaupun perasaan pertamanya agak aneh karena nasinya rasa rempah malaysia gitu, tapi habis juga haha. pas disini udah nge start bahasa inggris, tapi demi apapun.. kalo ke luar negeri, ngga se ndredeg ngomongnya pas di Indonesia, di Indonesia salah grammar dikit dihujat, huft. kalo diluar negeri, penting dia paham maksudmu dan kamu bisa berkomunikasi dengan baik dan berani, itu udah hal yang bagus.

Setelah itu kira-kira jam 5 perjalanan dilanjutkan ke Bandara Don Mueang Thailand, pas mau sampe di Thailand, sama pramugara nya disuruh lihat jendela dan pemandangannya masyaallah lampu-lampu kelip gitu, indaah banget, ngga henti hentinya bersyukur dan kondisi saat itu masih belum percaya, pas itu juga pas banget sebelah jendela. "Semoga suatu saat bisa kesini bareng ayah ibuk adek" ucapku saat itu.
Oh ya, kita juga disuruh ngisi formulir dari pihak negara Thailand, mengenai surat sampe kapan di thailand? stay dimana? dan tujuannya ngapain? isi dengan jujur yah.

Pemandangan pas sekitar jam 7 malam, pas di pesawat rute kuala lumpur-bangkok.


                                   Sekitar 20menitan mau landing, di thailand pemandangannya kayak gini :')


Sampe disana, wah foto foto haha, dan langsung nukerin uang di money changer. saat itu aku bawa uang saku sekitar 330 dollar, dan aku tukerin 300 dollar ke baht, 30 dollarnya pas di Singapore :p di Malaysia aku nukerin 100 ribu indonesia ke ringgit karena kubuat makan aja dan sisa banyak.



Setelah nukerin uang kalo gasalah namanya B*ngkok bank warna ungu counternya, aku ngasihin selebaran yang dikasih mas mas pramugara di pesawar tadi di imigrasi bandara, kemudian setelah itu langsung dijemput sama Ajarn W (Dosen disana manggilnya ajarn, tapi namanya di inisial yah demi privacy beliau hehe), beliau baik banget dan ramah, dan kami langsung cari kartu buat internetan dan ngehubungi keluarga, Kartu disana banyak sih ada DTAC, Truemove, AIS. disesuaikan sama kebutuhanmu yah, aku kemarin pake kartu Truemove karena jaringannya bagus dan direkomendasiin sama ajarn nya hehe, mirip mirip T*lkomsel lah ya kalo di Indonesia haha. disana orangnya ramah, dan kalian mau nggak mau harus ngomong pake bahasa inggris, kalo ngga salah paketanku buat yang sim tourist untuk satu bulan kira kira 599 baht (setara 270ribuan). tapi demi apapun kencengg banget provider ini, sebelum itu kami ke Sevel dulu beli-beli jajan dan minuman, minuman kesukaanku sih susu Meiji yang coklat terrrrrrrrrbaikk wkwk (berharap di indonesia juga ada, kalo kalian ke luar negeri nemu ini harus beli hehe) harganya murah kira kira 25 baht setara 11ribu dapet mayan gede beserta sedotan yang dibungkus kertas jadi sangat higenis haha, setelah itu kami langsung berangkat ke nakhonsawan kira-kira ditempuh 4 jam dari Bangkok nya, hmm mantap! tapi nakhonsawan biaya hidupnya murah jauh lebih murah dari Surabaya haha, nah aku bakal jelasin nanti di part selanjutnya karena banyak yang harus kuceritain! ;) semoga ini bermanfaat buat kalian yang mungkin mau liburan ke thailand atau luar negeri yaa.

No comments:

Post a Comment