Tuesday 28 June 2016

Pengalaman SBMPTN 2016 dan UTUL UGM 2016

Assalamualaikum, alhamdulillah ketemu lagiii... udah lama enggak buka blog yang bersawang sawang seperti ini. seperti judulnya, saya yang notabene sebagai anak IPA abal abal, yang ketika di kelas selalu ngantuk ngantuk pas pelajaran IPA terutama fisika. bakalan bersaing dengan ratusan ribu calon mahasiswa lain yang kepengen masuk SBMPTN 2016 yuhuuu!

Nahlo? SNMPTN nya gimana syaf?
HAHAHA SNMPTN hanya mitos semata . aku dari awal gagal gak masuk 75% siswa yang bisa daftar SNMPTN. pada saat itu aku merasa siswa paling bodoh. aku nangis. ya gimana lagi raporku pas-pasan sedangkan yang bagus di raporku hanyalah pelajaran non saintek kayak bhs indo,inggris,pkn,dsb. aku sangat mencintai soshum terutama sosiologi btw :p--ampe apal satu buku kuning SKS haha. pada saat itu juga semua teman temanku memandangku kasihan, hal yang paling aku benci didunia ini adalah ketika dikasihani . Ih ogah bgt-_-

Dikasihani itu rasanya enggak banget

Apalagi kalo sering disemangatin ala ala begini

Semangat ya masih ada SBMPTN

Semangat ya ...

Semangat mbahnya-_- ASTAGHFIRULLAH :')


dari awal sudah ditolak-- aku rapopo

Setelah itu aku memutuskan untuk pindah haluan ke IPS. karena menurutku IPS adalah passionku.

HARI HARI SEBELUM SBMPTN

Aku intensif di GO soshum, aku belajar dari 0. yang aku belum pernah dikasih tau geografi apa. ekonomi apa. aku jalanin, yang kata orang orang "We yakin vo pek ambil IPS (revo nama panggilanku disekolah) ?". Dah lah banyak yang mencibirku. Tapi keyakinanku kuat. Aku emang dari awal kelas 3 fokus buat belajar IPS. Daripada IPC? Aku bukan murid yang ndewo broo

Aku juga beli voucher zenius untuk memperdalam materiku yang videonya tiap hari kutonton setelah magrib dan sebelum tidur:') aku begadang gara-gara zenius ini. dan konsep dasar SOSHUM aku dapetin disini, karena aku belum pernah diajarin soshum sebelumnya, aku ngerti arti kata yang biasa disebutkan di ips karena zenius, pokoknya recomended buat yang anak lintas jurusan deh.

Terus aku belajar soal soal lewat buku wangsit education dari omjer. aku beli yang paket platinum dari uang jualan kaos kakiku :') aku paling suka soal madasnya, aku jadi tau penyelesaian mate ya dari itu wkwk

Kalo mau ringkasan materi, buku SKS kuning top markotop. aku ngapalin dan memahami soshum kebanyakan juga dari situ. karena bukunya kecil enak dibawa kemana mana.

Dari awal kelas 3. aku mencoba setiap Try Out pola SBMPTN di GO. Dari awal2 kelas 3 aku sudah ambil TO IPS. dari passing grade 18,.. aku bisa melampaui 43,..
Tapi grafikku naik terus karena awalnya aku kebanyakan ragu dalam soal, tapi aku memberanikan diri karena yang aku anggap ragu-ragu itu benar.

Fix. inilah waktunya pemilihan jurusan SBMPTN
karena aku aslinya addict banget sama UGM. aku jatuh cinta dari awal pertama lihat UGM. aku mau pilih

UGM Manajemen
UNAIR Manajemen
UNS Manajemen

Tapi. setelah dirasa aku suka sama berbau bau advertising, dan fotografi huee. aku pindah jurusan

UGM Manajemen
UGM Ilmu Komunikasi
UPNYK Ilmu Komunikasi

Terus aku konsul deh ke mas-mas GO. pilihan 1 nya disuruh ganti ..


Mengganti UGM Manajemen.. ? :(


Akhirnya. aku konsul ke ibuku, ibuku menyarankan UNAIR Manajemen pilihan pertama, yaudah deh enggak apa-apa karena masih ada UTUL UGM jadi aku ngejer impianku di utul sajoo, dan juga kuota Manajemen UNAIR ada 104 hehe (pemilihan jurusan juga butuh strategi) (restu ibu paling utama adik adik wkwk).

Fix jadi UNAIR MANAJEMEN-UGM ILKOM-UPNYK ILKOM
Yang terpenting adalah, ketika ibumu berkata "ini" ikutilah, sesungguhnya ridha ibu luar biasa, sudah banyak cerita orang-orang. dan salah satunya aku sendiri yang mengalaminya. ibuku memberi sekat untukku untuk memilih univ yang ada disekitaran Surabaya-Yogyakarta.

Untuk belajarnya, aku sering tambahan di GO, intensif. kalo gurunya ngajar dengerin ya! hape off dulu. terus jangan lupa diperbanyak ibadah, kuasa Allah itu ada *aku mengalaminya juga*
Dan kalo kalian sudah capek belajar, jangan diterusin, istirahatlah, otak juga perlu refreshing:)

31 Mei 2016. HARI H!
Aku ambil panlok di Yogyakarta, dan dapet tes di UPN Yogya Gd.Perminyakan lantai 4 . aku dapet disini karena pilihan ketigaku yaitu UPNYK-Ilmu Komunikasi. Alhamdulillah, syukuri segala sesuatu.. h-1 cek lokasi dan persiapan, aku h-1 cuma review materi aja, dan hari H nya usahakan jangan belajar . aku diantar ayah ibu dan adikku, sebelum tes aku sungkem dulu dan minta doa restu ayah ibu.

Aku berangkat 1,5 jam sebelum tes. aku kebagian duduk belakang-__- dan saatnya bel masuk! aku duduk, baca doa. soal dibagikan.......... map-map dan perlengkapan seperti kartu sbm, SKHU sementara. dan KTP dicek pengawas, sampai alas juga di liatin depan belakang :D

Nah ini dia kartu SBMku hihi
Ketika asyik ngebuletin LJK dan sudah selesai, eeeh LJK ku cacat, item item buat ngecan yang dipinggir itu kurang hitam jadi semi abu-abu gimana gitu, langsung deh dituker dan waktu ngebuletin tinggal 5 menit lagi huaa! Soal dibagikan dan aku masih berkawan dengan ngebuletin ljk, takut salah

----Pas buka soal----
TKDU (MADAS,INGGRIS,INDO) dan TKPA. APA APAAN INI TKPA, BEDA BANGET SAMA SOAL DI BIMBEL, verbal ada soal sebab akibat yang baru dikeluarin tahun ini, numerikalnya unyu banget soalnya dah kayak adeknya madas dan ada tabel jadi kudu ngitung satu satu, figural apaan neeh gambar apaaaaa ini, HADUH MADAS. ah bisa satu, 2 ngarang. bahasa indonesia kok soalnya rancu ya, bahasa inggris WAAAH  NAUZDUBILLAH SUSAHH 
enak enak ngerjain TKPA-- waktunya tinggal setengah jam lagi, mashaallah HYUH!
final-----dikerjain 57 soal :)

Total
Verbal 14
Figural 13
Numerikal 13
Mate 3 doang -> paling miris
Bhs inggris 5 doangg -> udah puyeng lihat TKPA yang amat njelimet, ketambahan baca inggris lagi
Bhs indo sekitar 9

WAKTUNYA TKD SOSHUM
Ah lumayan, lah. ini apaan. ini apaaaan ya rabb, he? he? aku bertanya tanya dan dengan jurus yang yakin yakin saja, saya mengerjakan hanya 34 soal. itupun ada satu dua soal yang gak yakin. wkwk
btw sejarah awal-awal keluar kayak sejarah lisan, ekonomi lumayan inshaallah pokoknya bab bab yang aku kuasai lah yang dikerjain.

Waktunya masih sejam, gila ngantuk banget kapan selesainya...

TEEET PULAAANG!

Setelah pulang dan aku refreshing ke Amplaz, aku beli starbucks yang tulisannya "Sukses SBM" berharap SBM berwarna biru, udah capek dengan merah-merah pasca ditolak server SNMPTN
Oya aku setiap ketemu orang yang pokoknya ngobrol dan nanyain "Kuliah ya mba?" pasti langsung aku minta doa ke mereka, kita tidak tau doa darimana yang dikabulkan oleh Allah bukan? :)

Dan jalan jalan ke UGM pastinya, biasalah doa sambil lihat gedung FISIP. menerka-nerka biar kepilih di pilihan kedua #lah

UTUL UGM
Aku berangkat bersama 3 temanku. Aku sangat berharap pada ujian ini karena aku gak optimis sama pekerjaanku di sbmptn.

Aku tes di SMK 6 Yogyakarta. Aku tes dilantai 2. Pas tes kujalani dengan baik. TKD dan TKPA aku kerjakan hampir 80 persen karena aku merasa ini lebih mudah daripada SBMPTN. Walaupun soshumnya aku cuma ngerjain 44 dari 75 soal..

Optimis banget! Optimis lah agak bisa senyum pas ngerjain, tapi harusnya aku sadar, menurutku mudah menurut orang lain ya mudah:'''''''''''')

Kesalahanku lagi; aku addict sama universitas.

Hari hariku kuisi dengan makan tidur ibadah dan dagang,  kadang aku kalo lagi mager aku ngerjain soal sbmptn lagi. Aku masih belum puas sama matematikanya.

PENGUMUMAN SBMPTN

JENG
JENG


JEEEENG!

Kulalui detik demi detik dengan ngescroll hape, 1 jam.. 2 jam.......
Yak, jam 14.00 siang puasa-puasa lagi! Aku ngeklik punya temenku 2 orang, della sama elvia, Alhamdulillah mereka dapet UB, Della di pilihan pertama Teknik Industri dan Elvia di Teknologi Pangan.

Terus aku? Gimana?
Karena hati berkata nunggu ibu pulang kerja, aku tahan buat nggak buka....

Dan yang paling miris, banyak dari teman temanku yang tidak diterima.. hampir 75 persen dikelas gak keterima, mereka ngechat "he, aku merah" :')

Astaga aku sendiri gimana ya Allah, sambil nunggu ibuku aku sempetin baca Surat Al Waqiah, Al Fatihah, Shalawat nabi, dan berbagai macam doa yang bisa aku hafalkan :') aku berserah diri.
Bisakah aku?

Saat itu aku chat bbm sama Elvia.. banyak dari teman temanku yang memaksaku untuk membuka pengumuman SBMPTN itu, aku sendiri juga nggak yakin karena aku merasa bener-bener kesusahan dalam SBMPTN,

(ceritanya hape dering, BBM masuk nih *dulu punya BBM wkw*)

"Voo kamu manajemen
Manajemen UNAIR
PING!!!
PING!!!
PING!!!"

"Sek to vi aku ngenteni ibuku ki (red: Sebentar vi, aku nunggu ibuku ini)"

"Loh pie to, ida mbukakne wesan, we ojo ngapusi (red: Lo gimana sih, ida udah ngebukain, kamu jangan bohong)

"Sumpah we?"

"We kok gak percoyo mbek aku, aku ki sahabatmu nyapo ngapusi? (red: Kamu kok gak percaya sama aku, aku ini kan sahabatmu kenapa bohong)"

Dan aku speechless, sempet mikir juga tau nomor SBM-ku darimana? dan ternyata duluu aku kan SBM h+1 pembukaan langsung daftar karena gagal SNM HAHHA jadi langsung aja takut kedapetan lokasi yang jauh klo akhir2, temenku banyak yang minta diajari cara daftar-bayar-dan ngisi. terus Ida minta tolong liatin gimana sih kartunya? Aku fotoin deh dan gak berpikir panjang-_-

Langsung cus bukak BUKAK bareng adekku. Bergetarr hatiku๐Ÿ˜

bismillah...
Ya Allah, Fira takut....
Gak lucu juga kalo ternyata hoax............

........................

.........................




ALHAMDULILLAAAH PILIHAN SATU! BIRUUU BIRUUU ALHAMDULILLAH
Langsung kupeluk adekku dan sujud syukur, terimakasih Ya Rabb, engkau kabulkan doaku, alhamdulillah.. dapet kuliah! :") beneran ini rasanya seneeng banget, hati kerasa lega, udah bener-bener plong dapet kuliah.

"Dek wi tenan to? wi tenan to? (red: Dek itu beneran kan? beneran kan?")
"IYO MBAK"
"WAAAAH"

Langsung kukabari Ayahku, dengan nada bergetar "Yah fira keterima UNAIR Manajemen".

Eh.... Ibu! Iya Ibu, mau aku kabarin aku keterima.. eh Adekku bilang "Mbak, hus diem, biar tau dirumah aja". Yaudah sekalian aku kerjain wkwk anak kurang ajar

Akhirnya Ibuku pulang dan pas, ayahku juga pulang. aku udah bilang ke Ayahku kalo jangan bilangi Ibu dulu..

"Buk, ibuk pokoknya yang bukain, biar berkah"
"Iya, gimana caranya?"
"Ini tinggal klik aja"
*klik*
.........................................
"Loh kok not responding? tak bukain dilaman web mirror unand aja buk"
*klik laman unand, diisi nomor pendaftaran, tanggal lahir dan captcha*
"Klik buk.............."
...........................................
"Alhamdulillah naaaaaak selamat naaak huhuhuhuhu" *langsung berpelukan kayak teletabis* intinya. Ibuku langsung jerit jerit(?) Ayahku juga nangis sambil meluk aku. Seenggaknya aku bisa ngeringanin beban orang tuaku.. bener bener perasaan yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Bener bener senang!

Aku bersyukur sejadi jadinya.. satu langkah Allah mengijinkanku untuk menimba ilmu di prodi manajemen yang aku impikan sejak lama. dan gak bayar uang gedung cuma uang SPP aja, alhamdulillah.

PENGUMUMAN UTUL UGM
Selesai sholat tarawih. Aku deg deg an walaupun yaa bisa dianggap biasa aja karena aku udah punya UNAIR manajemen.

Aku berharap bisa kuliah di gedung pertamina tower. Bisa menimba ilmu disana...

Aku udah apalin jalan-jalan Yogya
Aku udah apal burjo mana yang enak
Aku udah merasakan nikmatnya makan di warmindo
Aku udah merasakan naik bis kota Yogya
Aku udah ngrasain nyasar di jogja

Aku tatap wallpaperku. Berharap bunga coklat menjadi almamaterku...

Ya Allah.. tolong. Impianku sejak SMP. Semoga kenyataan ya Allah.

Dengan keyakinanku. Aku buka...

Maaf anda tidak diterima dalam seleksi ini.....

Jleb.

Aku bingung.
Aku logout.. aku login...

Hasilnya tetep. Ditolak.

Terus diem. Aku seharusnya bersyukur. Walaupun aku nggak tau apa yang harus aku lakuin. Apa aku harus mengulang tahun depan apa menjalani hasil SBMPTNku. Toh aku ya keterima di jurusan impianku

Revo ayolah.. kamu kuat. Kamu bersyukur.

Gak apa apa. Apa yang menurutku baik. Belum tentu baik menurut Allah..

Alhamdulillah Ya Allah, kerja kerasku selama setahun, tangisanku dan kegagalan kegagalanku bertahun tahun di SMA akhirnya membawa kebaikan dan kebahagiaan di akhir. Aku keterima di pilihan 1 SBMPTN 2016 walaupun tidak di UTUL UGM.

ูˆَุนَุณَู‰ ุฃَู†ْ ุชَูƒْุฑَู‡ُูˆุง ุดَูŠْุฆًุง ูˆَู‡ُูˆَ ุฎَูŠْุฑٌ ู„َูƒُู…ْ ูˆَุนَุณَู‰ ุฃَู†ْ ุชُุญِุจُّูˆุง ุดَูŠْุฆًุง ูˆَู‡ُูˆَ ุดَุฑٌّ ู„َูƒُู…ْ ูˆَุงู„ู„ู‡ُ ูŠَุนْู„َู…ُ ูˆَุฃَู†ْุชُู…ْ ู„ุงَ ุชَุนْู„َู…ُูˆู†َ
“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui.”
 (Al-Baqarah: 216)

Terimakasih ya Allah, Terimakasih Universitas Airlangga karena mau memilihku.

Ps: Kalo adek-adek mungkin punya pertanyaan, bisa tanya di ask.fm/syafirard ya. inshaallah kujawab. semangat adik-adik!

77 comments:

  1. maaf kak, bukannya verbal di sbmptn 2016 itu gak ada ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adaa, tes verbal (Ada di TKPA) yang diawal2, yang kalimat2 panjang yang bikin bingung krna jawabannya hampir sama.

      Delete
    2. Itu bukan verbal sis....tapi logika ๐Ÿ˜ jika ini maka itu. Kesimpulannya ? Gitu ....

      Delete
    3. Oh iyaa terimakasiih sudah dikoreksi, pas tryout soalnya dibedakan kayak verbal, numerikal. figural gitu hehe^^

      Delete
  2. waktu di utul ugm pilih prodinya apa aja ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Manajemen, Komunikasi Ilmu Pemerintahan. biasanya di utul di prioritasin pilihan pertama :)

      Delete
    2. Maaf kak jadi pilihan 2 sama 3 kecil kemungkinan ketrimanya ?

      Delete
  3. Ahhh aku ikut terharu bacanya, kak. Btw aku masih kelas 11, lagi nyari inspirasi untuk SBM. Doain aku masuk FK ya kak. Pengen FK UGM karena aku cinta banget sama yogya ๐Ÿ˜‡

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo, wah iyaa dek semoga keterima yaa. jangan lupa tetep mikirin plan B, maksudnya kamu tetep pilih kedokteran tapi gak di UGM aja, misal ambil di UNAIR. soalnya aku jg keterimanya di plan B. tetep semangat dan berdoa!

      Delete
    2. kok aku nangis ya kak bacanya sebentar lagi pengumunam sbmptn doakan ya kak.

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. kak mau nanya, gua juga bimbel di zenius.

    1. berapa jam dalam 1 hari kak belajar di zenius

    2. kalau habis belajar di zenius kakak masih review lagi materinya atau tdk perlu direview?

    3. kalau kakak belajar zenius kakak mencatat atau tdk perlu dicatat lagi?

    4. apakah kakak pas detik2 sbmptn, materi dizenius kakak belum selesai?



    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. kalo dulu sih aku sekitar 3-4jam sehari. krna aku bagi2 sih jadwal belajar zenius, wangsit, GO, buku saku kecil, jd waktu ku dulu jam 11an malem ketika mau tidur sampe secapeknya. tp ini g jd patokan ya krna setiap individu berbeda hehe
      2. iyaa harus direview. dicoret2 dan dicatat yg penting2 pas lihat videonya. kadang aku screenshot trus aku buat catatan gitu. trus siangnya aku bagusin lg catatannya pake pulpen warna warni biar semangat belajarnya hehe
      3. iya, krna mendengarkan-melihat-mencatat. jd belajarmu lebih efektif krna belajar 3x hehe.
      4. aku sih fokusnya dlu di zenius bagian ekonomi krna bagiku ekonomi materi paling ruwet dan paling sulit, ada akuntansi, kurva. wkwk ribet. tp aku berhasil finish sih akuntansinya cuma yg lain belum seberapa krna aku jg les intensif SBMPTN dan make buku penunjang (buku wangsit education). semangat sbmptn yaa! sukses:)

      Delete
  6. di utul ugm soal soal yg keluar banyak dari soal tahun lalu ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa mirip2 jugaa. coba deh belajar di buku wangsit khusus utul ugm soalnya mirip2 bgt hehe

      Delete
    2. berapa kak harga buku wangsitnya

      Delete
  7. Kak kalau utul nya di yogyakarta gaperlu verifikasi ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngga kok. cuma dateng trus dilihat berkas-berkasmu sudah langsung ngerjain soal hehe

      Delete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. ka mau soal utul ugm yang 2016 dong. total soalnya berapa ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. haduh, soal UGMku gatau dimana udahan. cuma soalnya banyak banget sampe ngantuk ngerjainnya, tetep fokus yang terpenting. semangaat!

      Delete
  10. Kak, soal utul ugm gimana ya? lebih susah sbmptn atau utul ugm?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah utul ugm hehehe, tkpanya gaada nilai minusnya. tp susah masuknya krna semua orang nganggep mudah:(

      Delete
  11. Kak kalo fotonya salah masukkan gak berlatar biru gimana tuh kak ? Foto ngaruh banget gak kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. foto yang apaa? aku pernah lihat orang fotonya orang yg samasama daftar sbm jg latar kuning tp nggatau sih ngaruh apa engga dek hehe

      Delete
  12. kak, buku wangsitnya berapa harganya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek ke websitenya ya dek soalnya dlu aku beli 300an paket platinum ips

      Delete
  13. Sumpah Kak Terharu banget Kebetulan Saya Juga tahun Ini SBMPTN dan besok pengumumannya, pilihan pertama saya Ilmu Gizi IPB kak ...doain ya huhuhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hei iyaa dek semangat yaah, gimana pengumumannya? semoga kabar baik yaa!

      Delete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. Kak mau nanya. Pas pengumuman utul itu tulisan tidak lolosnya ada sehabis login atau emg pas login gk bisa msk kak? Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. sehabis login. trus klik bawah sendiri "pengumuman" yaudah ada tulisannya anda tidak lolos seleksi gitu hehe

      Delete
    2. makasih kak :D

      Delete
  16. kak platinum wangsit kan juga ada buku materinya, sebenarnya materinya enak pake wangsit apa sks ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. SKS lebih ringkas. kalo wangsit melengkapi dari SKS itu dan ngereview dg banyak latihan soal. klo pengen praktis dan lumayan lengkap ya pake SKS soalnya dulu buku SKS kubawa kemana2 dikantongin juga bisa hehe. semoga membantu :)

      Delete
  17. kak platinum wangsit kan juga ada buku materinya, sebenarnya materinya enak pake wangsit apa sks ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Materi jauh lengkap sks, kalo latihan soal rekomendasinya sih wangsit. matdasnya keluar banyak pas SBM^^

      Delete
  18. assalamualaikum, ka waktu utul zaman kaka tes soshum keseluruhannya beres jam berapa? makasih ka. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam, lama bangett, kira-kira 4 jam-5 jam. soalnya banyak, gatau deh ipc panasnya kayak apa kepalanya :(

      Delete
  19. Kak,,, cara penilaian utul itu gmn sih?
    Kalo di kosongkan akan di minus atau tidak dihitung seperti sbm?? Aku boleh minta kontak gakk?? Mau nanya2 banyak nih hehe

    Makasiiih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setiap tahun berbeda2, jadi sebelum ngerjain lihat peraturan awal dulu di lembar depan sendiri. kalo tahunku sih tkpanya salah ga dikurangi.. kalo kayak soshumnya sih tetep dikurangi. di ask fm ajaa yah, syafirard. biar semuanya pada bisa nanya hehe^^

      Delete
  20. Keren ceritanya kak :' memotivasi bgt :' aku disaranin orang tua ke kedinasan duulu, aku sih mau2 aja tapi aku juga tetep bakal daftar sbmptn, doain kak ๐Ÿ™ btw aku masih kelas 11 ๐Ÿ˜… semoga tahun depan ketrima ilmu gizi IPB

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, semangat yaa. nurut ortu dulu, lumayan kalo keterima kedinasan masa depan terjamin udahan istilahnya hehe. Iyaaa aamiin, kudoain yaa jadi bagian ipb 56 hehe :)

      Delete
  21. Keren ceritanya kak :' memotivasi bgt :' aku disaranin orang tua ke kedinasan duulu, aku sih mau2 aja tapi aku juga tetep bakal daftar sbmptn, doain kak ๐Ÿ™ btw aku masih kelas 11 ๐Ÿ˜… semoga tahun depan ketrima ilmu gizi IPB

    ReplyDelete
  22. Kak aku juga pengen bgt nih masuk manajemen ugm, bentar lagi pengumuman sbm nih doain ya kak aku lolos :) aku juga berencana utul manajemen kak, btw kita hampir sama wkwk :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iyaa semangatt! perbanyak doa. semogaa keterima yaa di manajemen UGM ^^ good luck deek ;)

      Delete
  23. Kak doain aku lulus utul ugm,aku cuma ngedownload2 soal aj gak beli buku wangsit nya,mudah2an bisa deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa de ga menjamin kokk, pokoknya banyakin ngerjain soal2 ajaa yah. baca aturannya diawal soal. semangatt!!

      Delete
  24. Kak utul mempriotaskan pilahan pertama ya kak? Yg ke2,3 gk dpndang gtu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. rumornya sih gitu, tp satu sekolahanku gaada yang keterima pilihan 2/3 di utul. adapun dia keterima pilihan 1.
      scr logika semisal pilihan 1 banyak yg minat dan nilainya bagus2, pasti prioritas bakalan fokus ke pilihan 1:)

      Delete
  25. Semangat kuliahnya kak!! :D
    Kak rencananya mau S2 di ugm kah? Ke jenjang yg lebih tinggi wkwk. Pokoknya semangat kak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. HAHAHA aaamiiin. aku skrng ga ambis dek ga kayak awal kuliah dulu yg pengen ini itu, lulus s1 cumlaude udah alhamdulillah. untuk s2 biarkan mengalir aja. walaupun jujur aja impian s2 masih ada di UGM. semangattt!!

      Delete
  26. Semangat kuliahnya kak!! :D
    Kak rencananya mau S2 di ugm kah? Ke jenjang yg lebih tinggi wkwk. Pokoknya semangat kak!

    ReplyDelete
  27. Kak, soal TKPA utul sama ga kaya sbmptn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mirip deek. Cuma lebih mudah sedikit tapi percayalah utul lebih susah ditembus daripada sbm :")

      Delete
  28. APAKAH UTUL PRIORITASIN PIL 1. CB KASIH SUMBERNYA DONG

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya iyalah, pilihan 1 misalkan banyak yg minat dan bagus2. peminat utul membludak. Otomatis yg diprioritasin orang2 yg milih pilihan 1. Sumber dari temen satu sekolahan, semua gaada yg keterima pilihan 2/3 di utul. Rata2 pilihan 1 dan ga keterima sama sekali:)

      Delete
  29. kak.. jadi utul yang dilihat pilihan 1? kalo ngurutin pilihan gak sesuai passing grade gapapa gitu? soalnya jurusan yang saya mau passing gradenya paling rendah dari 3 pilihan jurusan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gapapaaa deek, kayak pg cuma menentukan tingkat kesulitan aja. bismillah ajaa. sesuai yg kamu sukai yah. semoga diterima di utul ugm^^

      Delete
  30. kak pas verifikasi utul jogja suruh tunjukin bukti pembayarannya (slip tf/teller) juga ngga? urgent nih tqq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu sih iyaa kayaknya. pokoknya semua2 aku bawa.. soalnya takutnya aturan beda antara tahunku sama tahun ini:)

      Delete
  31. 1. Kak beneran gk ada sama sekali temen kk keterima di pilihan 2 sama 3 lewat utul ugm ? Soalnya saya emang minat banget sama tekkim jadi di taruh pilihan 1, tapi saingannya itu wkwkwk
    2. Peluang lulus panlok yogya sama luar yogya sama atau lebih prioritas yogya? Soalnya saya ambil panlok jakarta :"
    Minta doanya ya kak semoga bisa lulus utul hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf yaa baru balas :)
      1. angkatanku gaada sama sekali, gatau kenapa. malah ada temenku yg d3 ditaruh plihan 2 juga ga masuk. padahal dia pinterr huhu . tapi gatau yaa cuma mungkin jarang yg keterima 2/3.
      2. kalo itu gatau siih. kayaknya sama2 tergantung nilai:)

      iyaaa bismillah dek. semoga ada kabar baik yaa:)

      Delete
  32. kak mau tanya hehe, jadi kaka itu bimbel ips nya dari semester 1 pas kls 3 ya? tips dong kak buat cara manegement waktu antara belajar buat sbmptn sama pelajaran ipa di sekolah... terus kakak nonton video zenius nya sampai tamat semua atau ngga ? makasih kak hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamualaikum hehe. aku bimbel IPS dari kelas 3 semester 1. tapi kayak baca2 buku IPS sbmptn udah dari kelas 2 SMA. kalo aku dulu sih belajarnya pas kelas 3 itu kalo malem dari jam 7-9 kayak ngerjain PR, trus jam 9-jam2 malam ngejer materi ips apalagi karna aku ipa jadi agak susah ngejernya:(
      trus aku UN belajarnya h-2minggu HAHAHA (jgn ditiru yaa) soalnya aku mikir UN gabuat aku masuk universitas negeri karnaa aku aja gabisa daftar snmptn kan:))) jd otomatis aku fokus ke SBMPTN langsung.. soalnya jujur pengen masuk kuliah negeri yg menekan harga lah istilahnya. jd ngga bayar uang gedung dll makanya semangat ngejer SBMPTN..

      utk video zenius, yg tamat semua matdas sama ekonomi. wkwkw. jgn lupa ditulis lagi di buku. biar bisa. insyaallah mudah dipahami kok. enak cara ngajarnya:)

      Delete
  33. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  34. Kka mau tanya, tntang buku wangsit, skarangkan aku baru kls 11 nih tp rencanya pngen beli wangsit 2019, nah kira2 nanti kalo kls 12 hrus beli wangsit 2020 lagi gk atau udah ckup yg 2019 aja

    ReplyDelete
  35. Kak, wangsit tu isinya cuman soal2 atau ada materi?

    ReplyDelete
  36. Kak aku sampe nangis baca cerita kakak :) doain aku ya kak lolos sbmptn UB perpajakan tahun ini :)

    ReplyDelete
  37. Kak mau nanya, apakah kalo udh diterima di sbmptn terus ikut utul nanti auto gagal ya?

    ReplyDelete
  38. Kak permisiii, aku mau cerita kak. Jadi aku ini kuliah cuman salah jurusan kak, pengen banget bisa pindah jurusan. Dlu kakak punya temen gitu yg salah jurusan terus dia ketrima SBM sambil kuliah?

    ReplyDelete