Tuesday 18 April 2017

Kuliah di jurusan MANAJEMEN ?

Hai, halo yang lagi galau soal jurusan kuliah hehe. masih bingung jurusan apa ya yang aku banget? nah mungkin adek-adek suka dagang? suka saham saham? perusahaan? pengen jadi manajer? suka lihat suku bunga saat ini berapa? suka lihat tentang berita mengenai pasar dunia, ekonomi dunia dkk? nah! mungkin kalian bisa nih tengok sedikit jurusan yang aku alami #alah,

Nah! dijurusan ini itu gimana ya, dibilang susah ya susah dibilang mudah yaa gak mudah-mudah banget. lumayan lah karena aku suka sih jadi beban ya lumayan gak kebeban dikit cuma harap harap getir liat cybercampus *website buat lihat nilai di unair* *mbaknya curhat mulu*. jadi bagi adek adek yang menganggap manajemen apalan doang, salah besar. tetep ada hitungannya dan tetep ribet (tapi gak seribet jurusan teknik sih). intinya setiap semester ada itungan-nya dan biasanya 3 SKS! berpengaruh banget kalo nilai D atau E IPK bisa anjlok seanjlok-anjloknya (naudzubillah, hamba ingin lulus cepat dan IPK yang baik Ya Allah)

1. Semester 1 pelajarannya masih dasar, tapi lumayan bikin sakit kepala wkwk
Jadi mata kuliah semester pertama itu dasar, semua jurusan di FEB (ekonomi islam, ekonomi pembangunan, akuntansi, manajemen) dapet mata kuliah ini, mata kuliahku semester 1 (awal) ada agama islam (matkul wajib), Microeconomic, Pengantar Bisnis, Statistik Bisnis , PTE Makro, Bahasa Indonesia, Berpikir Kritis dan Kreatif (mata kuliah andalan manajemen unair nih, seru abis wkwk), Filsafat Ilmu dan Pengantar Akuntansi. nah semua ini dasar ya, jadi semua dapet dari awal entah kalian IPA, IPS, Bahasa, dari SMK, jangan takut intinya awal-awal kerasa bingung apalagi akuntansi aku pas awal UTS nangis nggak bisa ngerjain hehe tapi alhamdulillah UAS-ku nilainya baik berkat kebejoan yang haqiqi :')

2. Kalian bakalan di jurusin lagi sesuai passion kalian di semester VI
Kalian bisa lihat kurikulum UNAIR MANAJEMEN di SINI

Nantinya di semester VI bakalan penjurusan lagi menurut minat kalian di konsentrasi apa, ada kewirausahaannya lo jadi kalian nanti bisnis-bisnis gitu, trus SDM, keuangan, operasi, dan pemasaran.
Jadi kalo SDM itu intinya ngurus-ngurus orang yang masuk/merekrut pegawai, HRDnya deh istilahnya. Kalo keuangan itu hampir mirip kayak akuntansi jadi banyak itungannya hmm, operasi juga itungan, kalo pemasaran ya gitu menjadi seorang pemasar yang baik dan berhubungan dengan pasar gitu . dan inshaallah niatku semoga bisa masuk ke kewirausahaan tapi memang sih syaratnya harus punya bisnis minimal 2 tahun yang sudah berjalan. mohon doanya yaa semoga aku bisa masuk ke konsentrasi kewirausaahaan nantinya aamiin.

3. Kalian belajar apa aja jurusan ini sehingga pengetahuanmu semakin meluas
sekarang aku berada di semester 2 kuliah, aku ngerasain memang semakin bertambah semester semakin berat juga kuliahnya, intinya kalian bakal berpikir terbuka selama kuliah. di manajemen juga kalian gak hanya belajar duit duit duit/ekonomi aja, tapi kalian belajar hukum, komunikasi, intinya manajemen meluas jadi kalian bisa dapet ilmu banyak di jurusan ini.

4. Manajemen itu ASYIK, INOVATIF dan BANYAK KEGIATAN KEREN!
Intinya, manajemen itu mengasyikkan banget. dosennya gaul gaul dan asyik. teman yang berinovasi dan gercep ini itu. Dan sebagai mahasiswa manajemen kalian dituntut profesionalisme dan memahami kondisi ekonomi sekarang. point ini yang paling penting, adaa aja tugasnya kayak ngeyakinin dosen kalian seolah olah dosen kalian adalah investor dan beneran kayak kita mem-pitching (beda sama mempresentasikan) produk kita serta ditunjang dengan makeup-an AHAHA. iya bener aku bener-bener saat itu dandan ala mbak mbak kantoran. yha gimana lagi biar nilai bagus juga hehe, (ini masuk mata kuliah Komunikasi Bisnis semester 2. dan nanti tanggal 2 Mei juga aku ada Kunjungan Bisnis (Tugas mata kuliah pengantar manajemen) ke Yakult! nah keren kan mengunjungi perusahaan-perusahaan gitu ada 5 perusahaan, dan aku menetapkan aku masuk Yakult (padahal galau antara yakult/indolacto huft), temen temenku juga ada yang ke indolacto (perusahaan susu indomilk di pasuruan), mereka sekalian liburan T_T #agakmenyesal

ayo masuk manajemen unair asyik lo :p


Salah satu tugas di mata kuliah komunikasi bisnis. aku sama geraldo jadi ala-ala CEO produk Lif*buoy HAHA


Sesi foto-foto candid setelah selesai pitching lif*buoy sampe lupa masuk kelas:')

5. Kuliah yang sistemnya SKS, tapi semester 1 dipaketin jadi tinggal masuk kelas yang ditentukan.
Di kuliah sistemnya SKS, jadi setiap mata kuliah ada bobot SKS (Sistem Kredit Semester)  sendiri misal agama islam 2 sks (1 sks 50 menit-kalo-gak-salah, jadi 2x50 =100 menit). terus SKS berpengaruh sama IPS (Indeks Prestasi Semester)  dan IPK (Indeks Prestasi Kumulatif), nilai A di 2 SKS sama 3 SKS beda, bobotnya lebih tinggi yang 3 SKS. dan setiap IPK itu biasanya dapet  jatah SKS yang bisa diambil misal IPK semester 2 (genap) diatas 3,00 jadi kalian bisa dapet 24 sks itu terserah kalian ambil mata kuliah semester genap misal semester 4 kalian bisa ambil, nantinya kalian ngambilnya itu lewat online di cybercampus, namanya KRS-an kalo di kuliah, KRS-an juga menentukan kalian masuk kelas mana dan apakah bisa sekelas sama sohib sohib dekatmu HEHE:)) kalo masih bingung tentang sks dll, nanti (misal masuk unair) di unair sendiri dapet buku pedomannya kok pas kalian nanti awal-awal maba pasti dikasih dan semua informasi sudah jelas di buku pedoman tersebut.

6. Belajar kerjasama dan belajar mengevaluasi diri sendiri.
Belajar di manajemen sistemnya gimana? belajar di manajemen (di prodi lain pun juga ) beda sama sekolah, di SMA kalian gak belajar aja bisa lulus nilai bisa dikatrol guru ada KKM, di kuliah nasib kalian cepet/lama lulus tergantung niat kalian, kalo kalian niatnya setengah setengah yaaa gitulah, terus sistem disini juga banyak tugas, banyak tugas kelompok dan tugas resume materi, nugas tiap hari buka laptop, sering baca-baca dan memang waktu kalian luang banget setelah kuliah nggak ngapa-ngapain lagi, nah waktu itu manfaatin untuk ngereview materi, nugas ataupun ikut kegiatan UKM (ekstrakulikuler) ataupun ikut organisasi seperti BEM ataupun HIMA

Jadi, siapkah kalian jadi mahasiswa jurusan manajemen tahun ini? :)




5 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. hai ka boleh aku okta , boleh ga kaka w.a ke no 083113315600..soalnya bnyk yg mau aku tnyain hhe

    ReplyDelete
  3. Halo kak, saya maba manajemen tahun ini. Mau nanya2 banyak boleh?

    ReplyDelete
  4. Hallo kak saya maba di manajemen saya juga mau tanya tanya ke kak apa boleh

    ReplyDelete
  5. Terima kasih kontennya kak, sangat bermanfaat.. penulis benar-benar kreatif... thanks.

    EF Adults Kursus Bahasa Inggris Profesional

    ReplyDelete