Monday 4 July 2016

Perjuangan sukses lintas jurusan IPS 2016 bareng Zenius!

Mungkin di antara kalian ada anak IPA yang ditengah jalan mikir "Eh gue kok tertarik sama IPS ya?" ataupun mungkin ngerasa jenuh dikelas pas pelajaran saintek?
Yup! Kalian gak ngerasa sendiri, itu udah aku rasain 3 tahun lamanya! YA 3 TAHUN aku berjuang. Nahan nangis. Udahlah sampe aku gak mau mikir pelajaran lagi.. sekolah cuma jadi ajang menghabiskan waktuu ahahaa

Mungkin sedikit aku ceritain tentang masa SMA ku. SMA yang katanya favorit di kotaku. Yang katanya banyak yang keterima di PTN favorite..

Aku mah nempel nama doang :))))

Kan aku anak percobaan k-13 dan dari awal sudah dijurusin nih, karena aku termasuk tipe tipe anak smp-yang-kepengen-masuk-kedokteran makanya aku ambil IPA fix!

Aku pengen dokter karena alasan klise. Cita cita dari TK. Dan karena ibuku dulu pernah sakit sehingga aku pengen siap sedia menjadi dokter untuk keluargaku dan orang2 yang memang benar benar membutuhkan kehadiran dokter.

Juga karena kedua orang tuaku orang IPA. Ibuku biology dan ayahku fisika. Jadi aku disuruh masuk IPA karena alasan umum. IPA tuh kalo ambil manapun enak. Dan anaknya rajin rajin blabla

Karena aku buta IPA IPS karena penjurusanya kelas 1. Aku nurut ayah ibuku. Sebagai anak yang baik

Naaah aku akhirnya keterima ipa. Nyangka? Gak banget. Yah biasa aja. Biasa bgt.

Padahal dari SMP selalu remidi................

Terutama pelajaran fisika, duh! kadang mikir. Kadang gak habis pikir sama materi fisika yang koin jatuh aja diitung, ngitung debit air, listrik diitung dll. Intinya memang fisika terasa sukar bagiku daripada materi saintek lain.

-------------------------------------------------------------------

Nah, awal awal masuk SMA (udah masuk jurusan IPA), kan ada peminatan IPS tuh, kelasku dapet pelajaran sosiologi, disitu aku ada secerca hal yang bisa dibanggakan, aku sering dapet nilai tertinggi pas pelajaran itu, sampe sampe dikasih hadiah jam sama guru sosionya langsung:') disitu aku mikir. Apa aku tertarik ips ya? Dan aku pernah tes minat bakat kayak psikotes gitu. Bisnisku diangka 98. Hampir sempurna..

Pas pelajaran sosio, disaat semua dapet 6, aku dapet 9
Pas pelajaran fisika, disaat semua dapet 8, aku dapet 4 :')
Aku seneng belajar sosioo. Asyik. Penalaran. Memahami masyarakat.

Masyarakat aja kupahami apalagi kamu?:')
HAHAHAHAHA

Next.

Kimiaku juga sedeng nilainya lah bisa ditolerir tapi lama lama kok nilainya kayak perosotan ya......  entah. Aku gak ada passion sama sekali buat belajar IPA. Aku bukan tipe orang yang rajin dan tekun baca buku seperti anak ipa lainnya-_- tapi kalo suka sesuatu. Aku bakalan babat habis materi yang ada. Kalo benci sesuatu. Diliat aja kagak

Kelas XI pun begitu, karena aku termasuk kaum minoritas yang menginginkan keberadaan sosiologi dilanjut, akhirnya terpaksa ngalah. semua sepakat sosiologi digantikan dengan sastra inggris...... karena kaum mayoritas menganggap sosiologi gak penting, inggris itu universal dan penting:'( padahal pelajaran inggris sudah ada. Jadi intinya ada 2 pelajaran inggris-_- inggris wajib dan sastra inggris.

2 pelajaran inggrissssss whyy whyyyy


WHYYYY

Sedih. padahal pelajaran yang aku paling suka ya sosiologi itu. Yang aku tunggu tunggu 

Akhirnya minatku pada IPA jadi makin luntur tur turrrr dan akhirnya aku mengabaikan pelajaran. Pas KKM yoben

Aku cari cara balas dendam sama keadaan. aku jualan, iya! aku sama sekali gak minat sekolah tapi malah jualan.. tiap hari di sekolah aku bawa tuh 3 tas, satu buat buku pelajaran. 2 tas buat barang dagangan (kaos kaki dan jilbab).. guru guru pun aku tawarin beli, adek kelas,kakak kelas, teman seangkatan. Tiap malem aku ngitungin profit dan bungkusin dagangan.
Aku enjoy walaupun dihina hina temen-temen. "Kamu i niat sekolah apa dagang?" Gapapa. aku tetep enjoy secapek capeknya aku aku bahagia. aku bisa nghasilin duit sendiri sampai omsetku yang lumayan:')

DISINI JUGA AKU NEMUIN PASSIONKU ! YAITU DAGANG! langsung banting stir dari anganku kedokteran . disini juga aku bercita cita ingin masuk jurusan MANAJEMEN.

Ditanya orang mesti. Manajemen.

Yakin? Yakin? Belajar IPS dari 0 loh

Yakin? Masak mau ngorbanin IPA 3 tahun?

BISMILLAH. YAKIN LILLAHI TAAALA :)

Nah, pas pengumuman ranking kelas, aku nggak masuk daftar nama nama orang yang berprestasi, disitu aku hancur karena udahlah rankingku bener-bener jelek, selama aku di SMA aku udahlah setiap lihat ulangan pelajaran berbau saintek aku selalu nahan nangis. cobaan, sabar. Aku sering diremehin, dipandang rendah, dianggap siswa yang biasa aja. Setiap aku belajar soshum sering di nyinyirin karena kata mereka lebih baik fokus UN dulu (HAHA aku gak ambis UN maaf. Alasannya? Klik Ini ). Pokoknya tertawaan untuk merendahkanku tiap hari ada lah. Tapi aku diem.. gak pernah ngebales. Tekadku kuat. Aku mau maju dengan caraku dan aku mau SBMPTN 2016 lolos ! Tips trick ku menghadapi kegagalan yang tlah lalu #ea aku tulis DISINI

Aku gak mau ngulang SBMPTN lagi pokoknya. Cukup tahun ini aja..

Sampai kelas 12 awal, aku udah memikirkan SBMPTN dan udah memikirkan jauh jauh pasti gak keterima SNMPTN karena nilaiku pas-pasan. Aku belajar IPS dari awal dan dari 0, sampe awal awal masuk kelas 12 aku ke toko pasar yang jual buku2 bekas. Aku cari buku materi soshum.. aku tambahan dibimbelku soshum. Intinyaa aku mengorbankan belajar untuk UN dan sekolah untuk ngejar materi SOSHUM! Yay hidup SOSHUM!!!

Lah fir kenapa gak milih IPC?
aku nggak milih IPC karena aku bukan orang yang jenius bisa nguasain 2 bahasan yang saling bertolak belakang. Ini keputusan terbesarku. tiap hari aku buka buku-buku IPS walaupun ngerti aja enggak haha, metode belajarku saat itu adalah ngafalin doang trus beberapa hari ilang HAHA. dan sewaktu aku lagi iseng iseng ngeliat testimoni anak lintas jurusan di blog mereka yang memakai zenius di internet, dan booming video pembelajaran yang katanya recomended banget buat anak lintas jurusan yang belum mengerti IPS secara mendalam.. 

EH PENASARAN AKUNYA. ah paling testi abal abal.. (astaghfirullah :)) )


Gak percaya akunya pas saat itu.



Kan nyoba nyoba nih buka videonya, kan ada beberapa video, pas lanjut video kedua (ketagihan nih)...eh disuruh bayar. Nanti dulu deh gaada duit *pikiranku dangkal pas saat itu*

Disitu pikiranku belum sama sekali kebuka dan mencoba ngerjain soal soshum tanpa tau materinya! Kesalahanku yaitu mau berperang namun belum mengenal alat tempurku dan musuhku.
Kesalahan banget !! Pantes PGku cuma nembus belasan sama 20an teruuuus-_-

Sampai akhirnya sekitar bulan Januari semangatku lagi besar-besarnya, aku lupa tuh sama zenius tapi ya progress pengetahuanku di soshum ya gitu-gitu aja, baca buku kan ya gak paham wong diajari belum pernah. Konsep dasarpun ya nggak ada. Jadi aku sebelum kenal zenius itu cuma ngapalin dan gak paham konsep,ngerjain soal ya masih garuk garuk kepala wkkw. Tapi sekitar bulan Februari akhir, karena ada salah satu temenku yang bilang zenius enak, aku buka blognya zenius. Aku lihat bagaimana strategi sbm. aku niat. Aku harus coba pake zenius!
Aku beli voucher lewat salah satu anak ITB yang jadi resellernya, aku coba trial 3 bulan. dan apa? AKU NGERASA BENER BENER KEBANTU, sumpah nyesel baru kenal zenius:') kenapa eh gak dari dulu:')

Jadi aku les bimbel pagi-siang-sore. dan setelah magrib sampe mau tidurpun aku habis tuntas pelajaran IPS dengan baca buku dan buka video interaktif zenius, aku tau konsep dasar gimana maksud supply demand, tau litosfer dan berbagai materi ips lainnya. jadi ngebantu banget pas aku belajar materi di media lain jadi makin lancar belajarnya.
Tidurpun aku kurangi, aku tiap hari tidur sekitar jam 1 jam 2 demi ngejar ketertinggalanku, demi meraih passionku.. demi membuat ayah ibuku bangga karenaku,, :')

Karena dari konsep dasar itu, yang semula PG-ku di bimbel 18,... berubah menjadi 43,...
Yang semula aku berada dilembar akhir2.. aku bisa masuk 3 besar teratas pg di bimbelku..

Rasanya seneng banget sampe nangis nunjukin ke ibuku PG yang menurutku lumayan. Karena emang aku terlatih gagal.. gagal gagal gagal . Gagal mendapatkan ranking dikelas. Gagal membanggakan ortu ketika SMA. Selalu sedih setiap liat rapot. Ya Rabbi.. semoga PGku lebih tinggi dari ini ketika SBMPTN.

Aku gak pernah lelah nghabisin video zenius, selalu selalu selalu aku yakinin aku bisa, sampe mau UN pun aku coba coba belajar pembahasan soal . walaupun matematikaku nggak tuntas kurang 1 soal lagi karena fokusku dari awal SBM. karena mindsetku begini. "sainganku SBM banyak, nggak hanya di jawa saja, tapi seluruh indonesia, presentase yang diterima juga sedikit."
sekali lagi. Aku nggak ambis UN karena aku tau SBM lebih mengerikan dari itu hehe (penting lulus UN aja dah bersyukur). Aku baca blog zenius jadi tau berbagai trik dan tips:p 

Saking semangatnya aku, nih dikamarku di kaca, aku kasih semangat yang dibuat dari sticky note, dan sampe kegagalanku nggak masuk 75%  aku print agar aku semangatku membara:') karena ketika temen-temenku asyik memilih jurusan dan menunggu pengumuman SNMPTN, aku harus menelan pil pahit gak bisa milih jurusan dan ditanyain "Eh SNMPTN milih apa?" dan jawabanku mesti "Aku SBMPTN heheheh"

Apalagi pas aku ngembaliin buku paket kelas 12 di perpus sekolah. Eeeh anak SNMPTN wajahnya berglowing glowing ria, dah kayak seneng dapet sekolah. Dan aku cuma hehehehe garing. Aku cuma diem. Kepengen dapet sekolah. Apa aku bisa kayak mereka? Aku anak IPA ambil IPS apa aku bisa?

Sedih? banget, ngerasa kayak orang yang dikasihani, merasa bodoh, merasa nggak berguna, tapi karena itu semangatku bener-bener muncul. tapi keuntungannya, hati sudah terlatih gagal dan aku bisa nyuri start dari awal :p 


Bayangin aja ngaca tiap hari liat tulisan begini:')

Sampe akhirnya h-21 UN, ada hal yang nggak terduga, aku kena cacar. aku jadi gak bisa sekolah dong? Iya. aku malah belajar buat SBM terus terusan, aku sama sekali nggak mikir gimana UN kedepannya . Dan aku belajar UN baru h-14 hari. Itupun nggak niat wkwk *jangan ditiru ya wkwk* 

Materi zeniuspun nggak cuma aku liat sekali aja, seandainya aku lupa, aku ulangi lagi, sampe aku paham, mata ngantuk jadi melek karena denger penjelasan tim zenius terutama bang sabda #LoveYouBang HAHA, yang katanya ekonomi rumit, alhamdulillah aku bisa menuntaskan:')  

Fyi. AKU SAMA SEKALI BELUM PERNAH DAPET MATERI EKONOMI dan GEOGRAFI SEBELUMNYA:") dan aku jadi paham materi karena ZENIUS! Dan untuk SOSIOLOGI jadi lebiih paham, dengan zenius aku jadi tau konsep dasarnya dan tiap hari sering dapet Ooo moment! aku juga punya catatan khusus video zenius. hehe.

File mentahan abis dengerin video dicatet catet jelek wkwkw.



 Pas waktu senggang. Belajar lagi dengan cara disalin lagi pake pulpen warna warnii



Dan ketika SBMPTN pun aku bisa ngerjain sekitar 34an soal soshum. yah aku jawab yang yakin-yakin aja (pokoknya 1 2 yang ragu2 hehe). Ceritanya bisa KLIK ->  Perjuanganku meraih SBMPTN pil 1
Cerita menghadapi ditolak server dan tips kalo gak lolos snmptn bisa KLIK -> Gak bisa daftar snmptn/gagal snmptn? Ini tricknya

Barakallahu ketika pengumuman. aku keterima pilihan PERTAMA. Subhanallah.

Kepada pejuang tahun 2017, Aku percaya didunia ini nggak ada yang tidak mungkin. aku yang notabene nya anak IPA yang nggak pernah ranking dikelas aku bisa membuktikan bahwa semua orang bisa. asalkan ada kemauan, ingat! Jadilah pisau yang selalu diasah, Jangan mengandalkan SNMPTN karena SNMPTN rahasia panitia dan illahi :D karena yang pinter gak bisa juga diprediksi lolos dan yang biasa malah bisa lolos. persiapkan SBMPTN dengan matang dan jangan terlalu ambis dengan nilai UN tinggi, dan jangan lupa beribadah. Ingat. 

Ketika kamu berleha leha, jutaan pesaingmu sedang belajar

Ketika kamu memilih lintas jurusan, artinya kamu memulai belajar dari 0. dan kamu harus paham resikonya dan tidak boleh mengeluh.

Cukup sekian postingan dari-ku, untuk temen temen yang dari IPS/IPA. bisa langsung order Zenius, dijamin nggak nyesel karena dikasih tau KONSEP DASAR, dimana ada kemauan, disitu ada jalan!


ZENIUS
Zenius video online : zenius.net
Yang pengen beli kaset zenius: https://www.zeniusmultimedia.com/

29 comments:

  1. keren ceritanya jadi terhura :'D termotivasi juga jadinyaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat yaaah! Sukses SBMPTN 2017 nya!! Aamiin :)

      Delete
  2. btw kkak mulai belajar zenius dari februari. berarti ke hari-H test SBM berapa bulan kak? soalnya saya juga baru tersadar hari ini :'D takut gak kekejar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 3 bulan dek, aku beli yang 3 bulan, tapi belajar SBMku udah dari kelas 2 SMA hehehe. bisa dek asalkan niat dan usaha, dan restu orang tua. semuanya serahkan ke Allah :)

      Delete
  3. Sumpah ini sama banget kayak gue sekarang kak! Makin semangat dah😀

    ReplyDelete
  4. KAK SUMPAH AKU BANGET INI. Niat lintas jurusan dan masa bodo dengan UN. Goalku cuma SBMPTN. Di kls tuh seperti "diketawain", krn di kelas aku dipandang org yg gabisa apa2. DAN SKRG AKU LAGI MEMPERJUANGKAN SBMPTN 2017. Aku mau buktiin kalau aku yg "begini" bisa lebih saat SBMPTN nanti.
    Di kelas mungkin aku keliatan lemah, tapi di pertempuran nanti aku akan kuat.
    Ah kak, pengalamannya bikin aku makin semangat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak apa apa dek, tunjukin pada hasil akhir. buktiin kalo kamu bisa dari temen2mu yang nyinyirin kamu. semanngat!! bisa! harus bisa!!

      Delete
  5. Kak mau tanya dong aku anak yang lintas jalur dan aku bener2 gk bisa dimatdas sama sekali ,padahal anak ipa hehe itu gimana ya kak lebih baik minus apa dikosongin aja tp takut kena nilai mati,aku target masuk top ptn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo dek. Kalo bagiku yaa kamu mending belajar 1 bab aja. Aku dulu nggak bisa matdas sama sekali dan cuma ngisi 3 dan salah 2 lagi:") tapi, temenku ada yang matdasnya g diisi jdinya matdasnya kosong. Tp dia keterima manajemen sama kyk aku.

      Semua tergantung kamu sih. Pilih dikosongi atau engga. Gaada nilai mati kok deek. Santai ajaa hehe. Semua berdasarkan benar +4. Salah -1

      Delete
  6. Makasih buat artikelnya kak
    Aku awalnya ragu buat lintas jurusan, eh pas denger ternyata byk bgtt org yg nasibnya sama kek aku malah jadi termotivasi gini :v , jujur aku orgnya agak pesimis, malah gara² gamasuk snmptn 50% kemaren jadi makin down! Bismillah ambil HI Unpad B)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe tenang, gagal di SMA belum tentu gagal masuk jalur SBMPTN dan belum tentu gagal di kuliah dek. apalagi kuliah yang passionmu banget^^ bismillah bisaa. semangat! :)

      Delete
  7. Terharuuu bacanyaaaaaaa :') doaiin akuu yaaa, aku juga anak ipa dan beralih ke ips tapi sayangnya tahun kemarin aku gagal dan sekarang nyobain lagi :) doakan aku keterima :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wiiih semangaat, yakin pasti bisaa. semoga ada berita baik yaa pas pengumuman bulan depan. sukses buatmu ^^

      Delete
  8. Kakk boleh minta line nggaa? Aku termotivasi banget setelah baca ini & mau konsultasi & seneng banget kalo ada yang mau bantu heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo deek, lewat ask.fm/syafirard aja yaa soalnya biar yang lain juga bisa ngebaca :) di anonpun inshaallah masih aku balas kok. semangat!

      Delete
  9. Kak klo habis beli voucher zenius trus cara belajar sbm nya gimana kak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dilihat videonya, trus buat rangkumannya sendiri pake pulpen warna warni. dijamin worth it banget dek. 👌🏻

      Delete
  10. kak ini saya baru bener bener tersadarkan mau lintas dan belom nyoba belajar soshum samsek padahal udh h-7 bulan sbm ,apa saya harus realistis dengan waktu sependek ini g akan bisa lintas ?
    dan lebih baik belajar langsung pakai zenius atau gmana kak ??
    help me please huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gapapa deek, kamu belajar aja pelan2 dari ekonomi dulu (aku nyaranin kalo ekonomi belajar pake zenius). trus kalo sejenis sejarah geografi kamu belajar pake buku sks kecil sama kalo butuh latihan soal di wangsit (wangsit buku matematika dasarnya bagus!). jangan nyepelein TKPA karena tes sebangsa psikotes itu yang jadi lumbung nilaimu:) trus kamu harus ikut tryout kalo bisa tiap minggu biar tau seberapa besar kemampuanmu:) yg terpenting sih gimana kamu bangun motivasimu, kamu harus bisa yakinin dirimu kamu bisa dek karena daripada kamu ngulang tahun depannya lagi? (amit-amit). mending kerja keras mati matian sekarang kan? hehe.

      jangan dijadiin beban yaa percaya dirimu bisa:), 7bulan ini dimanfaatin sebaik2nya, belajar doa dan restu ortu yang utama, dan lihat peluang. biasanya nanti dikasih tau kuota (daya tampung masing2 jurusan) pas sbmptn di website resminya dek. semangat yaah! pasti bisa.

      Delete
  11. Waaah tipsnya bagus banget buat aku yang pengen pindah jurusan dan ikut sbmptn soshum tahun depan :')

    ReplyDelete
  12. Replies
    1. Semangaat! Gapapa bisa dicoba jalur mandiri yg gapake uang pangkal, ada UNS, utul ugm, simak UI. keep ikhtiar ya :)

      Delete
  13. doain saya kak yang lagi gapyear buat persiapan kriminologi UI, sebenernya taun lalu keterima si di pil.3 tapi hati berkata lain utk "tryna take a gap to find where you passion is to determining the next step of you journey" .btw sama2 linjur juga hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa semangatt, kejar passion. kalo kuliah ga passion emang susah, stressnya tambah berkali kali lipat :( semoga ada kabar baik^^

      Delete
  14. Kak, buku persiapan sbmptn apa aja kak? Trus belajar tpa nya dari zenius itu kak?

    ReplyDelete